Kebiasaan Anehku Ternyata Penyakit Psikis...

Dibalik Jilbab...
 Uhh.., rasanya geregetaan.
     Itulahh sekiranya yang aku alami ketika di sekolah terus rasa ingin mencabuti rambut keriting mulai kumat. Di kelasku hanya ada satu orang yang nggak pake jilbab. Rambutnya terurai bergelombang. Aku suka mengamati rambut-rambut keritingnya yang berdiri. Uh coba kalau saja itu adikku, sudah ku cabut tuh  rambut. Rasanya rambut-rambut itu memanggilku. Ah aku harus menahannya. Tapi, malah reflek tanganku masuk ke jilbab yang ku kenakan dan mulai menarik-narik rambut yang di ikat. Aduuh rasanya gatal dan gemas. Setiap helai rambut keritingku yang teraba pelan oleh jariku, aduh duh duuh tekstur keritingnya  aku rasa-rasakan dan aku tarik. Wah, rasanya nggak sakit kok. Malah rasa lega yang ku dapatkan. Nggak heran kulit kepala rasanya justru tambah gatal.
     Sebenarnya rambutku nggak keriting, tapi bergelombang yang panjangnya sebahu. Ada beberapa rambut keriting yang gemesin sembunyi di raambutku , seperti di bagian belakang kepala, atas kepala tepatnya anak-anak rambut terus di belakang telinga. pokoknya di bagian dalam dekat kulit rambut. Tiap helai rambutku itu berisi dan termasuk tebal sehingga ketika di cabut dan di belah menjadi dua, di ujung rambut itu terlihat bercabang. Ya pokoknya gemes banget sama rambut keriting apalagi dari akar sampai ujung rambut itu keriting semua. Uwah pas di tarik itu tekstur keritingnya itu terasa banget dan gemesiin dan ketika di cabut, aku suka mengamati akar rambutnya dan menempelkannya di cermin. Kalau lagi belajar ya ditempel di buku. makanya gk heran bukuku ada rambut keriting nempel. hehehee.
     Semua rambut itu aku cabut ketika lagi bengong, latihan soal gak bisa-bisa, pas lagi laper, sama pas lagi nonton tv. Ketika aku mencabut tuh rambut, itu memberikan kenyamanan tersendiri bagiku dan aku jadi nggak memikirkan masalah hidup dan hanya terfokuskan pada rambut keritingku. aku bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mencabuti rambutku sendiri. Nggak banyak yang tau kalau aku punya kebiasaan mencabuti rambut keriting. Kalau rambutnya terasa lurus dan licin ya enggak aku cabut. Hanya rambut keriting aja yang aku seleksi hahaha. kebiasan itu membuat rambutku botak kecil di beberapa bagian. Tapi kan aku pakai jilbab. Alhamdulillah :)


     Mungkin ini adalah kebiasaan yang aneh. Tetapi, ketika aku browsing, itu ternyata adalah penyakit psikis. Trichotillomania (Kebiasaan mencabuti rambut). Memang ada keinginan untuk sembuh, tetapi nggak berhasil. sebenarnya sudah dari SD kelas enam, detik-detik menjelang UN, aku suka mencabuti rambut keritingku. Ibu pernah berkata kalau rambutt di cabutin terus, nanti gak akan tumbuh lagi. tumbuh, di cabut, tumbuh lagi, dicabut lagi. lama-lama gak tumbuh deh.
     Penyakit ini tidak ada obatnya (menyedihkan) karena menyerang si penderita secara psikologis. Demi melihat kondisi rambut yang berantakan, Aku mulai berjuang keras untuk menahan keinginan mencabuti rambut.
  1. Menyibukkan tangan dan mengalihkan fokus. Tangan yang tidak ada kerjaan akan membuatnya kembali bermain diarea rambut.
  2. Keramas bersih, gunakan shampoo anti ketombe.  Perasaan gatal dikulit kepala akan membuat kita melakukan pembenaran untuk mencari sumber gatal, yaitu mencabuti rambut. Jadi keramas dengan bersih!
  3. Menggunakan hair tonic dan vitamin rambut. Hair tonic memberikan kesan kering dan segar dikulit kepala. Vitamin rambut membuat rambut halus sehingga kita akan berhenti mencari rambut kasar dan merasa sayang pada kehalusan rambut kita.
  4. Mengoleksi foto2 rambut indah.  Adalah baik menanamkan sugesti positif untuk mengendalikan gangguan mental ini.  Percayalah pada batas tumbuh tertentu, kita tidak lagi exited mencabuti rambut. 
  5. Pada kasus tertentu, gangguan ini akan membuat kita gemas pada orang yang memiliki rambut kasar/keriting sehingga kita mulai mencabuti rambut orang lain. Nah ini nih yang nggak bisa aku tahan. pernah tanpa sadar aku mencabut rambut temenku sendiri yang rambutnya keriting.
     Dan penyakit macam ini, jg karena faktor stress, depresi yang berlebihan. yah, begitulah. Hahahahaa.. mungkin kalau aku punya temen yang rambutnya kayak gitu, ketika penyakitku ini kumat, terus dia ada di depanku, sudah jadi singa buas saja aku ni buat menerkam. Bedanya sama singa asli, yang aku terkam bukan dagingnya, melainkan rambut keritingnya. Botak langsung dah. hihii

             Lewat blog ini, aku akan lebih berekspresif dan mengulas hal menarik lainnya yang mengandung apa yang telah aku alami. Aku gini-gini orangnya pendiam ooh di dunia nyata. wkwkwk...
jadi, buat kalian yang punya penyakit aneh seperti ku ini, jangan berkecil hati dikatain botak. pake jilbab saja. lebih aafdool wkwkwkk xD :3

44 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Hahahahaha...aku jg lho, dri kls 5 atau 6 SD gtu. Skrg mah udah mau umur 20, wkwkwk.
    Rasanya pas dicabut itu lho...gatal2 enak. Bkin lega rasanya. Kyk ada beban kluar gtu, lol. Kirain akunya yg aneh, trnyata byk jg yg ngerasa gni. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh makasih ya udah mau berkomentar:3 tahun ini saya 19 dan masih kebiasaan cabut rambut keriting 😂😂 hbs seru rasanya

      Hapus
    2. Ini akun ibu saya, saya jawabnya lewat ini krn lupa password😂😂

      Hapus
    3. Tp lama2 rambut habis jg y, mnipis gtu. Ibuku suka marah ngeliat aku cabut rambut. :D
      Udah ngomong gtu sih soal Trichotillomania ini. Tp nggak digubris sama ortu. Sdih deh. TT_TT
      Hahaha...beda setahun aja. :D

      Hapus
    4. Sama.. gg di gubris jgk.
      Smga kita cpt smbuh dan ank2 gg. Nglmin yg kta alami

      Hapus
    5. Sama.. gg di gubris jgk.
      Smga kita cpt smbuh dan ank2 gg. Nglmin yg kta alami

      Hapus
  3. Halo bisakah tmn2 berbagi ceritanya ttg trikotilomania kpd sy?saat ini sy tertarik meneliti akan hal itu.
    Perkenalkan sy mudassir (S1 Psikologi)
    Jika berkenan mhon di email di mudassirhasrigani@gmail.com
    Makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii aku mom el..
      Aku jg penderita trikotikomania..
      Entahlah tp ini mungkib krn faktor keturunan..
      Nenek dan ibuku memang selalu mencabuti rambutx.. Bahkan kepala mereka botak bagian tengahx.. Mungkin jg sewaktu aku kecil aku sering liat mereka mencabuti rambut.. Aku coba coba dan ketagihan sampe skrng.. (skrng umurku udah 25)
      Memang rasanya enak skali klo rambut dicabut apalagi klo pas dpt rambut yg dicabut itu gatal.. Ada kepuasan tersendiri.. Terlebih klo abis mandi.. Rambut yg tumbuh sekitar 1-2 cm itu klo abis nyisiran kan berdiri rambut itu jg enak dicabut.. Jd rambut yg kemarin dicabut baru tumbuh segitu ehh dicabut lg.. Makax sedih jg klo liat dicermin kepala ku pitak ditengah.. Aku pikir setelah menikah dan punya anak kebiasaanku ini bakal hilang.. Tp ternyata makin parah.. Betul kata mereka klo suasana hati lagi good kita jd lupa kebiasaan itu.. Tp klo lagi stress,sedih,gak ada kerjaan.. Maka kebiasaan itu muncul lagi.. Hmmmm aku harap aku bisa sembuh dri kebiasaan buruk ini.. Aku jg belum pernah berobat.. Sampe skrng jg aku masih menyembunyikan hal ini dri suami. .
      Tp skrng lega sudah mencurahkannya..
      Makasih

      Hapus
  4. Bagi yang punya kelainan sama trikotilomania aku juga punya kelainan itu.. Bisa kita berbagi? Kontak aku aja ya di email

    BalasHapus
  5. Ya tuh... gatel trs gg bisa di than pngen cabut aj..
    oh ya ada gg juga yg ngerasa misalnya pas lgi gatel trs kita tahan gg cabut2 lgi di tahan.. tp pas di tahan lama2 pusing.. susah tidur gara2 nahan bwt cabut rambut smpe panas.skit.trs pngen marah aj dan gg ada mood bwt ngapa2in ngrasa gtu gg..?
    Trs klok udh kecabut smunya rsnya plong trs kyk baru abis marah2 sma orng yg kita gg suka. Tp klok udh botak nyesel bngt malu jgk 😑😑😑 smoga di temuin obatnya biar gnerasi yg akn dtng gg ngrasa kyk gni...

    BalasHapus
  6. email me ya stephanie.putri1907@gmail.com, we can share our story..

    BalasHapus
  7. Aku juga begitu..udah lama..sejak kelas 3 sd..aku menarik rambutku waktu mama meninggal..dari sejak itu aku sering meakukannya..tanganku rasanya gatal kalau tidak mencabuti rambut..sampai sekarang umurku sudah 25th..pengen berhenti tapi susah sekali 😭

    BalasHapus
  8. Wah.. postinganmu sangat mewakili kebiasaanku juga. Mamaku juga ngomel2 kalo liat tanganku sdh naik di kepala. Rambut keriting mmg sangat gemesin.

    BalasHapus
  9. aku juga seorang pengidap trikotilomamia, sejak sd aku sudah mencabuti rambut hingga botak sebagian tp hal itu membuatku fokus belajar
    sebelumnya aku tidak ada keturunan tp mungkin karena faktor stres dan depresi, takut kalo apa yang aku harapkan tidak terkabul

    BalasHapus
  10. Sama aku juga. Sejak kelas 5 SD mulai tumbuh rambut keriting tebal yg gatal bgt. dicabut enak bgt dan jadi kebiasaan selama setahun. Suka ditempel di buku atau cermin jg. Pas mau UN SD kelas 6 baru sadar ada botak di pusar rambut. Akhirnya disuruh beli vitamin biar numbuh lagi dan berusaha gak nyabut lagi. Skrg udh 24 tahun mulai ada rambut keriting lagi jari pengen cabut lagi..

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Aku juga pengidap trichotillomania, sejak sd sampai sma, kalo mau ngeshare biar kita makin akrab kirimnya lewat mana??

    BalasHapus
  13. aku juga pengidap trichotillomania, dari sd sampai sekarang udah kuliah bahkan udah semester akhir

    BalasHapus
  14. Hi! Aku Dinkke, mahasiswi tingkat akhir fakultas Psikologi di PTN Jawa barat. Aku juga punya ttm, dan lagi membuat skripsi ttg ttm pada wanita dengan rentang umur 19-25 tahun. Kalau dari temen-temen ada yang memenuhi kriteria ini dan bersedia untuk membantu (juga punya teman baru pastinya!), kindly email me on dinkemadelaine@gmail.com. Terima kasih banyaak!

    BalasHapus
  15. Aku ingin menghilang kan kebiasaan ini jadi aku smoting rambutku
    Tpi kalo sudh kembali aku lakukan hal yg sama

    BalasHapus
  16. Makasih kak aku juga begitu dan persis sekali yg kakak ceritain bahkan aku sempet nyambut sehelai rambut ku dan itu keriting tebeeeel kayak ijuk nya di sapu yg item itu looooh dan sekarang aaku baca blog kakak jadi mengerti cara mengatasi nya

    BalasHapus
  17. Emailnya mana? Kayaknya aku gitu jugak deh. Bru bberapa bulan ini. Soalnya byk bgt rambut keritingnya. Lega bgt kalo pas dpt n cabutin rambut keriting dan kasar. Smpe bagian tengah n depan rmbutku agak tipis. Tpi aneh lho. Itu yg paling byk rmbut kasar n keritingnya hanya di bagian tengah atas aja. Awalnya perih, panas kek kebakar gitu. Kalo sekarang lebih ke nyilu n rasanya agak lesung dibagian itu. Kira2 kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget pas ke salon dikira rambutku rontok padahal aku cabut sendiri dengan sadar

      Hapus
  18. Ternyata aku tidak sendiri 😢😢😢

    BalasHapus
  19. Sebenarnya gua juga ngerasain gitu, smpe2 rambut gua udah dibotakin tapi nggak mempan sama sekali
    ,tetep aja gua cabutin pake pinset.gua mau banget ngilangin nih penyakit😭😭


    BalasHapus
  20. Hallo, ternyata ini termasuk penyakit psikis ya.. Sumpah baru tahu, aku punya kebiasaan ini dr smp sampe sma sampe pitak dikit dkepala..
    Udah lama berhenti, sekarang kumat lagi..

    BalasHapus
  21. Aku juga ngerasain yg sama, dan ini bermula dari SMA , bener bener aku pengen sembuh, berbagi cerita yuk bisa email aku

    BalasHapus
  22. bnr bnr yg namanya dari sd puny penyakit kaya gini dan skrng aku udh sma. g ngerti lgh smpe udh dititik bingung hrs nutupin pake rambut modelan apa lgh:) dan aku ngincer bgt yg biasanya luka dan ada akarnya aku tkutnya infeksii gitu. GMANSIH CARA NGILANGINNYA

    BalasHapus
  23. Aku juga sama.sekrg kepalaku bktak dibagian pusar.. parah bgt. Gmn ya menghilangkan kebiasaan ini. Umur uda kepala 3. Gemes bgt.

    BalasHapus
  24. Akhirnya aku nemuin artikel ini, astaga aku bertanya tanya kenapa kok tangan reflek mencabut rabut yang keriting tebel nan rasanya gatal ini, dan sekarang masih mengalami ini, smpe dimarahin ibu 😔😔

    BalasHapus
  25. Sampe umur 21 masih sering begini,abisnya nikmaddddd wkwk sampe mikir kalo kira kira rambut begini semua bisa botak kali yah wkwkw

    BalasHapus
  26. aq uda umur 32thun n baru ngalami ini sktar bberapa blan lalu pling masi 2 blanan tpi rmbut uda keliat klo botak depan...cma ndk pernah ngumpulin rambut na..jd dpt langsung buang..apa aq ya sama ngidap penyakit ini kah?mungkin ad yg sama dgn saya

    BalasHapus
  27. Hai ..umurku 25th skrg..
    Setelah nemuin artikel ini ...ya rabb trnyta bukan cuma aku.
    Kita sama.. aku udah nikah dan hal ini aku sembunyiin dr suami smpai skrg..
    Dia curiga tp apalh dayaku..
    Saat setress aku bisa ngabisin waktu berjam jam cuma buat nyabutin rambut..
    Rambut jd tipis dan pitak dimana mana.. terutama bagian atas
    Pingin rasanya berhenti.. nyari kesibukan.. tp gabisa.. gitu lg..
    Aku smpai malu kalo suami usap2 rambut.. takut dy tau..

    BalasHapus
  28. hay. aku juga mengalami hal yang sama. awalnya aku korban kaka saudaraku yang seperti ini juga. dia botak kecil di kepalanya karena sangat suka mencabut rambut. dia pun memaksa buat cabut rambut aku. awalnya hanya sehelai. dan dari situ aku jadi ketagihan. dan mencabut rambutku sendiri. mungkin sudah berlangsung sekitar 9 tahun. entah bagaimana caranya sangat sulit untuk berhenti

    BalasHapus
  29. aku baru mengalamai hal ini beberapa bulan lalu..ya Alloh sampe botak jelas jelas botak dibelakang kepalaku...pengen banget berhenti😭

    BalasHapus
  30. Ayo donk bkin grup whtsapp buat sharing berbagi ttg penyakit ini.. aq jg sakit bgini dr smp sampe skrg udh 27th.. tdnya pitak kecil jd melebar, sampe klo mau perawatan ke salon malu krn tumbuhan rambut pendek2 ini dikira rambut putus pdhl akibat ulah tangan sendiri nyabuti rambut :'(

    BalasHapus
  31. 😭😭 ternyata itu kelainan ya.. aku 38 tahun, punya kebiasaan cabut2 rambut sejak kelas 5 SD gara2 ada rambut keriting kriwil2 kasar.. sampe2 sempat pitak dulunya.. kebiasaan terus sampe skrg dah punya anak.. anakku dah 6 SD, dan rambutnya suka gemes aku cabut2in juga..😣

    BalasHapus
  32. Ya ampun gk nyangka ceritanya mirip banget sama yg aku alamin.. Semoga kita cepet sembuh yA

    BalasHapus

 
Mi Historia Blog Design by Ipietoon